Kontribusi Sikap Belajar Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Menggunakan Alat-Alat Ukur Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan

Ramadhan, Hasbi (2016) Kontribusi Sikap Belajar Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Menggunakan Alat-Alat Ukur Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_HASBI_RAMADHAN_1185_55308_2016.pdf] Text
final_B1_07_HASBI_RAMADHAN_1185_55308_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih adanya hasil belajar Menggunakan Alat-Alat Ukur siswa kelas X Teknik Otomotif Kendaraan Ringan (TOKR) dan Teknik Otomotif Sepeda Motor (TOSM) di SMKN 1 Koto XI Tarusan yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dimana 28,7 % siswa mendapatkan hasil belajar dibawah KKM. KKM yang ditetapkan sekolah pada mata pelajaran Menggunakan Alat-Alat Ukur yaitu 75 dengan rentang nilai 0 – 100. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kontribusi sikap belajar dan konsep diri terhadap hasil belajar Menggunakan Alat-Alat Ukur siswa kelas X TOKR dan TOSM di SMKN 1 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 115 siswa dan sampel berjumlah 57 siswa kelas X TOKR dan TOSM SMKN 1 Koto XI Tarusan tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak. Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran Menggunakan Alat-Alat Ukur SMKN 1 Koto XI Tarusan. Data sikap belajar dan konsep diri dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data penelitian menggunakan program SPSS 16.0. Hasil analisis data menunjukkan sikap belajar memberikan kontribusi sebesar 17,5 % terhadap hasil belajar siswa SMKN 1 Koto XI Tarusan tahun ajaran 2015/2016. Konsep diri memberikan kontribusi sebesar 22,7 % terhadap hasil belajar siswa SMKN 1 Koto XI Tarusan tahun ajaran 2015/2016. Sikap belajar dan konsep diri secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 30,3 % terhadap hasil belajar siswa SMKN 1 Koto XI Tarusan tahun ajaran 2015/2016. Jadi dapat disimpulkan bahwa sikap belajar dan konsep diri berkontribusi terhadap hasil belajar. Semakin baik sikap belajar dan konsep diri dalam proses belajar mengajar maka hasil belajar akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, sikap belajar siswa, konsep diri siswa, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 24 Jul 2025 08:02
Last Modified: 24 Jul 2025 08:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17159

Actions (login required)

View Item
View Item