Penerapan Keterampilan Dasar Mengajar Guru dan Pembelajaran Seni Budaya di Kelas VIII-2 SMP Negeri 14 Padang

Anwar, Jauharul (2015) Penerapan Keterampilan Dasar Mengajar Guru dan Pembelajaran Seni Budaya di Kelas VIII-2 SMP Negeri 14 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_JAUHARUL_ANWAR_4888_2015.pdf] Text
B1_6_JAUHARUL_ANWAR_4888_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana
pelaksanan keterampilan dasar mengajar dan kegiatan pembelajaran
pada pelajaran Seni Budaya (Musik) di Kelas VIII-2 SMP Negeri 14
Padang?” sehingga tujuan penelitiannya menjadi menjelaskan
pelaksanaan keterampilan dasar mengajar dan kegiatan pembelajaran
pada pelajaran Seni Budaya (Musik) di Kelas VIII-2 SMP Negeri 14
Padang.
Kajian teori yang digunakan dalam penelitian adalah tentang
belajar dan pembelajaran, pengertian perencanaan pembelajaran,
pelaksanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran seni musik
di sekolah. Kemudian jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian kualitatif dalam metide deskriptif analisis. Objek
penelitian adalah kegiatan perencanaan dan pelaksanaan
pembelajaran yang dilakukan guru di kelas VII-2 SMP Negeri 14
Padang
Hasil penelitian menjelaskan bahwa keterampilan dasar
mengajar sangat diperlukan sebelum guru melaksanakan
pembelajaran seni musik di kelas. Karena bagaimanapun juga
keterampilan dasar mengajar itu memiliki hubungan yang erat
dengan kemampuan teknis dan non teknis saat guru saat
melaksanakan pembelajaran seni musik di kelas. Ada delapan
keterampilan mengajar guru yang bisa dipersiapkan dalam
perencanaan dan hasilnya bisa dilihat dalam kegiatan belajar di
kelas. Dari hasil temuan penelitian dengan wawancara, observasi,
dan angket, maka guru seni budaya kelas VII-2 SMP Negeri 14
Padang terbukti tidak melakukan perencanaan mengajar untuk
kegiatan membuka dan menutup pelajaran dan kegiatan
pembelajaran untuk kelompok kecil dan perseorangan. Namun di sisi
lain ada kegiatan perencanaan mengajar yang sudah dilakukan untuk
keterampilan menjelaskan, memberi penguatan, variasi dan
mengelola kelas, namun hasilnya belum maksimal.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Jul 2025 08:40
Last Modified: 24 Jul 2025 08:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17149

Actions (login required)

View Item
View Item