Yuliarnis, Sri Kurnia (2018) Penerapan Data Mining untuk Analisis Data Pembelian Konsumen pada Data Transaksi Penjualan di Halal Mart HNI HPAI Dharmasraya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_SRI_KURNIA_YULIARNIS_1302905_966_2018.pdf [thumbnail of B1_05_SRI_KURNIA_YULIARNIS_1302905_966_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_SRI_KURNIA_YULIARNIS_1302905_966_2018.pdf
Download (6MB)
Abstract
Halal Mart HNI HPAI Dharmasraya merupakan salah satu toko yang menjual produk-produk herbal berupa obat-obatan, kosmetik, hijab, dan produk harian lainnya. Permasalahan yang terjadi di Halal Mart HNI HPAI Dharmasraya diantaranya data penjualan yang hanya disimpan sebagai arsip dan belum dilakukan analisis secara mendalam, Sistem Informasi yang sudah ada belum diintegrasikan dengan aplikasi yang dapat menganalisis data penjualan guna menyusun strategi penjualan, promosi melalui media online belum secara maksimal dilakukan, penyebaran katalog yang terbatas hanya melalui agen secara personal, tata letak produk yang masih berdasarkan perkiraan pemilik toko, persediaan stok barang yang belum bisa memenuhi permintaan konsumen, dan jumlah kombinasi produk yang akan dijual belum sesuai dengan permintaan konsumen. Oleh karena itu diperlukan suatu analisis yang dapat pihak manajemen Halal Mart HNI HPAI Dharmasraya dalam menentukan strategi penjualan. Salah satunya untuk mengetahui produk dengan penjualan terbanyak dan keterkaitan produk satu dengan yang lainnya. Untuk menggali informasi yang tersembunyi di dalam database arsip yang sudah ada, diperlukan adanya proses data mining. Data mining merupakan proses iteratif dan interaktif untuk menemukan pola atau model baru yang sahih (sempurna), bermanfaat dan dapat dimengerti dalam suatu database yang sangat besar (massive database) (Fajar, 2013). Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah asosiasi dengan algoritma apriori dan dengan bantuan aplikasi Weka 3.8.1, produk yang muncul secara bersamaan dapat diketahui. Algoritma Apriori termasuk jenis aturan asosiasi pada data mining. Penting tidaknya suatu asosiasi dapat diketahui dengan dua tolak ukur, yaitu: support dan confidence. Support (nilai penunjang) adalah persentase kombinasi item tersebut dalam database, dalam penelitian ditetapkan 30%. Sedangkan confidence (nilai kepastian) adalah kuatnya hubungan antar item dalam aturan asosiasi yang ditetapkan 70%. Algoritma Apriori dapat membantu pengembangan strategi penjualan. Strategi penjualan yang akan di analisis meliputi promosi produk, desain katalog, tata letak produk, prediksi stok, dan kombinasi produk yang akan dijual. Dari penelitian dihasilkan 7 strong rules yang merupakan aturan asosiasi tertinggi yang kemudian dikembangkan menjadi rekomendari strategi penjualan. Dari aturan asosiasi tersebut dapat disimpulkan bahwa produk terlaris di Halal Mart HNI HPAI Dharmasraya adalah Pasta Gigi Herbal Hpai New, Kopi Radix Sinergis Wil 1, dan Minyak Burung But But New (Wil 1&2).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asosiasi, Apriori, Weka 3.8.1, Strategi Penjualan |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 08:01 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 08:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17147 |