Junita, Meili (2012) Peningkatan Hasil Belajar Perbandingan Skala Dengan Belajar Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas V SDN 28 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MEILI_JUNITA_83292_3431_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_MEILI_JUNITA_83292_3431_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MEILI_JUNITA_83292_3431_2013.pdf
Download (776kB)
Abstract
Materi perbandingan skala adalah salah satu materi yang sulit untuk dikuasai oleh siswa SDN 28 Payakumbuh. Hal ini terlihat dari rendahnya hasil belajar yang didapat siswa dengan persentase ketuntasan hanya 47%, sedangkan ketuntasan yang diharapkan adalah 75%. Dalam pembelajaran pun, siswa tidak terlihat bersemangat dan aktif. Ini disebabkan cara mengajar guru yang masih belum melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Siswa tidak diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapat dan berbagi ide dengan temannya. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan belajar kooperatif tipe think pair share (TPS). TPS adalah tipe belajar yang mampu membuat siswa menjadi lebih aktif dan kreatif. Dengan TPS siswa bisa mengemukakan pendapatnya serta berbagi ide dengan temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk rancangan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar perbandingan skala siswa dengan belajar kooperatif tipe TPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif sederhana. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang dilakukan secara bekerjasama antara peneliti dengan guru kelas. Dalam tiap pelaksanaannya, diterapkan langkah TPS yaitu berpikir, berbagi dan berpasangan. Siswa yang diambil sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 28 Payakumbuh. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes dan pengamatan. Hasil belajar dengan belajar kooperatif tipe TPS dalam pembelajaran perbandingan skala di kelas V SD Negeri 28 Payakumbuh, dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang terlihat pada rata-rata hasil belajar siklus II lebih tinggi dari pada siklus I yaitu meningkat dari 60,71 dengan ketuntasan 52,94% menjadi 73,12 dengan ketuntasan 90,62%. . Selain itu aktivitas guru dan aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada setiap pertemuan yang dipantau melalui lembar pengamatan penerapan belajar kooperatif tipe TPS. Jadi pembelajaran perbandingan skala dengan belajar kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, disarankan agar guru dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan belajar kooperatif tipe TPS dengan tujuan untuk dapat meningkatkan hasil dan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Perbandingan skala, Pembelajaran kooperatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 08:00 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 08:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17141 |