Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Penggunaan Media Gambar di Kelas V SDN 31 Kampung Caniago Lubuk Basung Kab. Agam

Fitri, Mei Rida (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dengan Penggunaan Media Gambar di Kelas V SDN 31 Kampung Caniago Lubuk Basung Kab. Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MEI_RIDA_FITRI_93502_3796_2016.pdf] Text
final_B1_6_MEI_RIDA_FITRI_93502_3796_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi Berdasarkan pengamatan peneliti ditemukan hasil belajar siswa rendah. Disini peneliti menggunakan menggunakan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menggunakan media gambar di kelas V SDN 31 Kampung Caniago Kecamatan Lubuk Basung Kab. Agam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan empat tahap tindakan, yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan Media Gambar dikelas V SDN 31 Kampung Caniago Lubuk Basung. Kab. Agam. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) perencanaan siklus I rata-rata pertemuan I dengan persentase 75% dan pertemuan II dengan persentase 89,7%, pada siklus II meningkat menjadi 92,8% dan, b) Pelaksanaan siklus I rata-rata aspek guru pertemuan I yaitu 71,8% dan pertemuan II yaitu 84,4% dan meningkat pada siklus II menjadi 93,7% dan aspek siswa siklus I rata-rata pertemuan I yaitu 62.5, dan pertemuan II yaitu 78,1, dan meningkat pada siklus II yaitu 87,5%, c) hasil belajar siswa rata-rata dari aspek kognitif siklus I pertemuan I yaitu 63% dan pertemuan II yaitu 76.5% dan meningkat pada siklus II menjadi 86%, rata-rata pada aspek afektif siklus I pertemuan I yaitu 60.8% dan pertemuan II yaitu 70,8%, meningkat pada siklus II menjadi 87%, sedangkan rata-rata pada aspek psikomotor siklus I pertemuan I yaitu 64,5% dan pertemuan II yaitu 73%, meningkat pada siklus II yaitu 88,8%. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas V SDN 31 Kampung Caniago Lubuk Basung Kab.Agam

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, PKn, Media Gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 24 Jul 2025 08:00
Last Modified: 24 Jul 2025 08:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17138

Actions (login required)

View Item
View Item