Wahyuni, Sri Ayu (2016) Pengaruh Penerapan LKPD Berorientasi Pendekatan Brain Based Learning (BBL) terhadap Pencapaian Kompetensi IPA Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_SRI_AYU_WAHYUNI_1205635_4936_2016.pdf [thumbnail of B1_05_SRI_AYU_WAHYUNI_1205635_4936_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_SRI_AYU_WAHYUNI_1205635_4936_2016.pdf
Download (11MB)
Abstract
Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kompetensi peserta didik adalah penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang belum mendukung tercapainya seluruh kompetensi, baik dari aspek sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan LKPD berorientasi pendekatan Brain Based Learning (BBL) terhadap pencapaian kompetensi IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 1 kota Solok. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian menggunakan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 kota Solok yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, dimana sampel sebagai sampel kontrol adalah kelas VIII K dan sebagai sampel eksperimen adalah kelas VIII H. Data penelitian ini meliputi pencapaian kompetensi yang terdiri dari kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, tes tertulis untuk kompetensi pengetahuan, dan penilaian kinerja untuk kompetensi keterampilan. Teknik analisis data menggunakan uji Chi Square pada taraf nyata 0,05 untuk aspek sikap spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Berdasarkan analisis data diperoleh kompetensi siswa pada aspek sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan pada kelas eksperimen masing-masing 78,07; 76,55; 76,32; dan 79,70 sedangkan pada kelas kontrol yaitu 76,50; 74,40; 71,94; dan 77,30. Data tersebut memperlihatkan bahwa kelas eksperimen mempunyai kompetensi yang lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hasil uji Chi Square didapatkan koefisien kontingensi C untuk kompetensi sikap spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan masing-masing 0,062, 0,287, 0,292 dan 0,031. Dari hasil ini dapat dikemukakan bahwa penerapan LKPD berorientasi pendekatan Brain Based Learning (BBL) memberikan pengaruh yang berarti terhadap pencapaian kompetensi IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Solok pada kompetensi sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Sedangkan pada kompetensi sikap spiritual, penerapan LKPD berorientasi pendekatan Brain Based Learning (BBL) belum optimal memberikan pengaruh terhadap pencapaian kompetensi IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Solok.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD; Brain Based Learning; Kompetensi IPA; Peserta Didik; SMP Negeri 1 Kota Solok |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 08:00 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 08:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17135 |