Pengembangan LKS untuk Virtual Laboratory melalui ICT pada Materi Hukum Newton tentang Gravitasi, Momentum dan Getaran Harmonis Kelas X SMAN 10 Padang

Aningsih, Sri (2018) Pengembangan LKS untuk Virtual Laboratory melalui ICT pada Materi Hukum Newton tentang Gravitasi, Momentum dan Getaran Harmonis Kelas X SMAN 10 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_SRI_ANINGSIH_14033041_449_2018.pdf] Text
B1_05_SRI_ANINGSIH_14033041_449_2018.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia saat ini dilaksanakan berdasarkan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 telah diterapkan di beberapa sekolah di Indonesia. Kurikulum 2013 ini, menitikberatkan pada pendekatan saintifik dan bertujuan untuk mencapai keseimbangan antara kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa. Pada kenyataannya, guru lebih fokus kepada aspek pengetahuan siswa, tetapi kegiatan praktikum belum dilaksanakan pada setiap kompetensi dasar disebabkan oleh padatnya materi pembelajaran sehingga untuk melaksanakan praktikum akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Kemudian, adanya fasilitas sarana dan prasarana sekolah belum dimanfaatkan secara optimal, salah satunya adalah ICT. Solusi yang dapat dilakukan adalah mengembangkan LKS untuk virtual laboratory melalui ICT pada materi Hukum Newton tentang gravitasi, momentum dan getaran harmonis kelas X SMAN 10 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas produk LKS untuk virtual laboratory melalui ICT. LKS dibuat berdasarkan media virtual laboratory PhET simulations pada materi Hukum Newton tentang gravitasi, momentum dan getaran harmonis. LKS yang telah dibuat dan media simulasi virtual laboratory yang digunakan dapat diakses melalui e-learning. Penelitian ini menggunakan model penelitian research and development (R & D). Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah angket validitas, angket praktikalitas dan soal pretest dan posttest sebagai intrumen efektivitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji praktikalitas dan efektivitas produk menggunakan uji t berkorelasi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat ditemukan tiga hasil penelitian. Pertama, Nilai rata-rata validitas LKS untuk virtual laboratory melalui ICT adalah 79 dengan kriteria valid. Kedua, nilai rata-rata praktikalitas LKS untuk virtual laboratory melalui ICT menurut guru adalah 88 dengan kategori praktis digunakan dalam pembelajaran fisika; dan nilai rata-rata praktikalitas menurut siswa adalah 85 dengan kategori praktis. Ketiga, penggunaan LKS untuk virtual laboratory melalui ICT pada materi Hukum Newton tentang gravitasi, momentum dan getaran harmonis memiliki taraf signifikanisi -8,38 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan dan LKS untuk virtual laboratory efektif digunakan dalam pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKS; Virtual Laboratory; ICT; Hukum Newton; Gravitasi; Momentum; Getaran Harmonis; SMAN 10 Padang
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 24 Jul 2025 07:59
Last Modified: 24 Jul 2025 07:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17130

Actions (login required)

View Item
View Item