Wadi, Hamzan (2016) Hubungan Kedisiplinan Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Las Dasar di SMK Muammadiah 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_07_Hamzan_wadi_55363_5517_2016.pdf [thumbnail of final_B1_07_Hamzan_wadi_55363_5517_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_07_Hamzan_wadi_55363_5517_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kenyataan bahwa masih rendahnya hasil belajar siswa Jurusan Teknik Mesin SMK Muhammadiyah 1 Padang pada mata pelajaran teknik las dasar dan kebanyakan siswa kurang disiplin dalam belajar, siswa cendrung keluar masuk dalam proses belajar, maupun disiplin dalam melaksanakan pratek. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar hubungan kedisiplinan belajar serta melihat korelasi hubungan kedisiplinan belajar dengan hasil belajar siswa. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar pada mata pelajran teknik las dasar di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian korelasional adalah untuk mengetahui hubungan antara kedisiplinan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik las dasar. Populasi dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu siswa kelas XI TPM Jurusan Teknik Mesin di SMK Muhammadiyah 1 Padang sebanyak 48 orang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016.Pengumpulan data dari responden di lakukan melalui angket penelitian. Pengolahan data mengunakan bantuan program Excell dan SPSS (Statistic Product Service versi 16,00.Uji coba instrument penelitian dilakukan kepada siswa kelas XI Teknik Pemesinan di SMK N 2 Payakumbuh sebanyak 30 orang siswa. Untuk menentukan validitas angket menggunakan program Excel dengan taraf signifikansi 5% diperoleh pernyataan yang gugur sebanyak 11 item dari 50 item. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi yaitu 0,457 ≥ 0,284. Dan untuk uji keberartian koefisien korelasi didapat yaitu 3.167 ≥ 2,021 Pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan belajar siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran teknik las dasar siswa kelas XI TPM Jurusan Teknik Mesin di SMK Muhammadiyah 1 Padang , dengan kategori interpretasi koefisien korelasi sedang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hubungan, Kedisiplinan, Siswa, Hasil belajar, Teknik Las Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Zikri Ramadhan |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 07:59 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 08:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17128 |