Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SDN 05 V Suku Bawah Kec. Candung Kab. Agam dengan Menggunakan Metode Mind Mapping

Gustinar, Gustinar (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SDN 05 V Suku Bawah Kec. Candung Kab. Agam dengan Menggunakan Metode Mind Mapping. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_GUSTINAR_95326_2341_2012.pdf] Text
B1_6_GUSTINAR_95326_2341_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan refleksi awal, penulis mendapatkan data atau informasi
tentang keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD 05 V Suku Bawah Kec
Candung masih rendah. Hal ini disebabkan oleh guru belum mampu memilih dan
menerapkan metode atau strategi yang tepat dalam pembelajaran menulis narasi,
serta kurangnya pemahaman guru dalam menerapkan langkah-langkah menulis
narasi. Tujuan dari PTK ini adalah untuk mendeskripsikan cara peningkatan
kemampuan menulis narasi dengan menggunakan metode mind mapping pada
tahap prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan.
Jenis penelitian ini adalah PTK (Classroom Action Research) yang terdiri
dari dua siklus, dilakukan dengan cara bekerjasama antara guru dan observer.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data penelitian
ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil
pengamatan aktivitas guru dan siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas V SDN 05 V Suku Bawah Kec. Candung yang berjumlah 22 orang, yang
terdiri dari 12 orang laki-laki dan 10 orang perempuan.
Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini
terlihat peningkatan kemampuan menulis narasi siswa di kelas V SDN 05 V Suku
Bawah Kec. Candung Kab. Agam. Hasil yang dicapai dari 22 siswa selama belajar
pada siklus I masih dikategorikan belum sepenuhnya berhasil, karena siswa belum
mampu memenuhi KKM yang sudah ditetapkan, yaitu 74, terlihat dari persentase
keberhasilan siklus I sebesar 50%. Pada siklus II persentase keberhasilan yang
didapatkan siswa adalah 86,36%. Hasil pengamatan terlihat peningkatan keaktifan
siswa dalam proses pembelajaran, maka dapat disimpulkan pada penelitian ini
dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa dengan menggunakan
metode mind mapping.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 24 Jul 2025 06:36
Last Modified: 24 Jul 2025 06:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17112

Actions (login required)

View Item
View Item