Efektivitas Bermain Clay terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari III Padang

Silvia, Afrila (2017) Efektivitas Bermain Clay terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari III Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_AFRILA_SILVIA_1305207_158_2017.pdf] Text
final_B1_07_AFRILA_SILVIA_1305207_158_2017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keefektifan bermain Clay terhadap perkembangan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari III Padang. Perkembangan motorik halus anak yang akan diteliti meliputi meremas, menggulung, menekan, menempel dan merangkai adonan clay. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif yang berbentuk Quasi Eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh murid Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari III Padang, dan teknik pengambilan sampelnya Cluster sampling, yaitu kelas B6 dan kelas B2 masing-masingnya berjumlah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 5 butir pernyataan dan teknik analisi data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelompok eksperimen adalah 88,66 dan SD sebesar 4,98 sedangkan pada kelompok kontrol adalah 82 dan SD sebesar 4,75. Pada pengujian hipotesis diperoleh t sebesar 3,6393 dan t sebesar 2,04841 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 28. Maka dapat disimpulkan bahwa bermain Clay efektif dalam mengembangkan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari III Padang. tabel hitung

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bermain Clay, Motorik Halus, Anak Usia Dini, Quasi Eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 24 Jul 2025 06:35
Last Modified: 24 Jul 2025 06:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17106

Actions (login required)

View Item
View Item