Megawati, Megawati (2013) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SDN 17 V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MEGAWATI_57201_934_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_MEGAWATI_57201_934_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MEGAWATI_57201_934_2014.pdf
Download (987kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama di kelas IV SDN 17 V Koto Timur. Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakan pendekatan konstruktivisme. Langkah-langkah yang digunakan dalam pendekatan ini yakni 1) pengaktifan pengetahuan yang sudah ada, 2) pemerolehan pengetahuan baru, 3) pemahaman pengetahuan, 4) menerapkan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh, 5) melakukan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, bentuk pelaksanaan pembelajaran, dan peningkatan hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dengan pendekatan konstruktivisme. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Data penelitian berupa data rencana pembelajaran, data aktivitas guru, data aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa kelas IV SDN 17 V Koto Timur Padang Pariaman, yang berjumlah 10 orang siswa. Dari hasil penelitian rata-rata RPP pada siklus I adalah 83%, tahap pelaksanaan dari aspek guru siklus I adalah 73%, aspek siswa siklus I adalah 63%, dan hasil belajar siswa 71%. Sedangkan pada siklus II pada RPP diperoleh hasil 89%, tahap pelaksanaan dari aspek guru 95%, dari aspek siswa 85% dan hasil belajar siswa meningkat menjadi 83%. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama di kelas IV SDN 17 V Koto Timur Padang Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ABSTRAK Megawati, 2013: Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SDN 17 V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama di kelas IV SDN 17 V Koto Timur. Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakan pendekatan konstruktivisme. Langkah-langkah yang digunakan dalam pendekatan ini yakni 1) pengaktifan pengetahuan yang sudah ada, 2) pemerolehan pengetahuan baru, 3) pemahaman pengetahuan, 4) menerapkan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh, 5) melakukan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, bentuk pelaksanaan pembelajaran, dan peningkatan hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dengan pendekatan konstruktivisme. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Data penelitian berupa data rencana pembelajaran, data aktivitas guru, data aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa kelas IV SDN 17 V Koto Timur Padang Pariaman, yang berjumlah 10 orang siswa. Dari hasil penelitian rata-rata RPP pada siklus I adalah 83%, tahap pelaksanaan dari aspek guru siklus I adalah 73%, aspek siswa siklus I adalah 63%, dan hasil belajar siswa 71%. Sedangkan pada siklus II pada RPP diperoleh hasil 89%, tahap pelaksanaan dari aspek guru 95%, dari aspek siswa 85% dan hasil belajar siswa meningkat menjadi 83%. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama di kelas IV SDN 17 V Koto Timur Padang Pariaman. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 05:02 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 05:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17101 |