Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam pembelajaran IPA Melalui Pendekatan contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SD Negeri 17 Tarung-tarung kecamatan Rao Kabupaten Pasaman

Megawanis, Megawanis (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam pembelajaran IPA Melalui Pendekatan contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas V SD Negeri 17 Tarung-tarung kecamatan Rao Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MEGAWATI_57201_934_2014.pdf] Text
final_B1_6_MEGAWATI_57201_934_2014.pdf

Download (987kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Masalah utama dalam penelitian ini adalah pencapaian hasil belajar siswa kelas V SDN 17 Tarungtarung kecamatan Rao Kabupaten Pasaman, ditemukan bahwa dalam pembelajaran IPA, yang mana penyampaiannya berupa teori saja sehingga konsep materinya masih kurang dipahami siswa. Pembelajaran yang diselenggarakan guru lebih bersifat penyampaian dengan menggunakan metode ceramah, sehingga siswa menjadi pasif dan tidak kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan Contextual Teching and Learning (CTL) di kelas V SD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian terdiri dari dua siklus yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPA melalui pendekatan Contextual Teching and Learning (CTL) di kelas V SDN 17 Tarung-tarung. Hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan CTL pada siklus I dan II mengalami peningkatan yang mana nilai rata-rata siklus I pada penilaian RPP adalah 69% dan siklus II adalah 85%. Hasil untuk aktivitas guru nilai rata-rata siklus I 65% dan nilai rata-rata pada siklus II adalah 78%. Dan hasil untuk aktivitas siswa pada siklus I nilai rata-ratanya dalah 60,5% dan untuk siklus II nilai rata-ratanya adalah 74,5%. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I nilai ratarata dari aspek kognitif adalah 58%. Nilai rata-rata aspek afektif siklus I adalah 70,75%, dan nilai rata-rata aspek afektif siklus II adalah 81,5%.Dan nilai rata-rata aspek psikomoror pada siklus I 66,3%, dan nilai rata-rata aspek psikomotor siklus II adalah 82%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA melalui pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 17 Tarung-tarung Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Pembelajaran IPA, Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 24 Jul 2025 04:55
Last Modified: 24 Jul 2025 04:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17096

Actions (login required)

View Item
View Item