Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 04 Talaok Pesisir Selatan

Lauren, Usmi (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 04 Talaok Pesisir Selatan. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_USMI_LAUREN_17129425_4408_2021.pdf] Text
final_B1_6_USMI_LAUREN_17129425_4408_2021.pdf

Download (848kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang belum terkait dengan masalah nyata yang sesuai dengan materi pelajaran , suasana pembelajaran yang belum aktif dan menyenangkan dan hasil belajar peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV SDN 04 Talaok Pesisir Selatan.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik dengan jumlah 17 orang. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dengan model Problem Based Learning. Teknik yang digunakan adalah observasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasul belajar tematik terpadu dari siklus I ke siklus II yaitu : (1) Penilaian rata-rata RPP siklus I adalah 92,18%, siklus II meningkat menjadi 96,87%. (2) Penilaian rata-rata aspek guru siklus I adalah 85,71%, siklus II meningkat menjadi 96,42%. (3) penilaian rata-rata aspek peserta didik siklus I adalah 83,92%, siklus II meningkat menjadi 96,42%. (4) Penilaian rata-rata sikap, pengetahuan dan keterampilan siklus I adalah 77,22 siklus II meningkat menjadi 86,45. Dengan demikian, pembelajaran tematik terpadu dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV SDN 04 Talaok Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 24 Jul 2025 04:47
Last Modified: 24 Jul 2025 04:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17089

Actions (login required)

View Item
View Item