Oktavia, Latifah Ningsih (2019) Peningkatan Hasil Belajar Luas Trapesium dan Layang-layang dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas V SD Negeri 8 Padang Laweh Kabupaten Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_LATIFAH NINGSIH OKTAVIA_04333_1903_2013.pdf [thumbnail of B1_6_LATIFAH NINGSIH OKTAVIA_04333_1903_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_LATIFAH NINGSIH OKTAVIA_04333_1903_2013.pdf
Download (3MB)
Abstract
Pembelajaran luas trapesium dan layang-layang pada siswa kelas V SD Negeri
8 Padang Laweh yang dilaksanakan selama ini tidak adanya diskusi kelompok dengan
ahlinya masing-masing sehingga tidak ada tanggung jawab semua anggota kelompok
terhadap materi yang dipelajari serta mengakibatkan hasil belajar rendah. Maka dari itu
dilakukan Penelitian dalam pembelajaran menghitung luas trapesium dan layang-layang
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas V SD Negeri
8 Padang Laweh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rencana pelaksanaan
pembelajaran, aktivitas dan hasil belajar luas trapesium dan layang-layang.
Jenis pelnelitian ini adalah Penelitian Tidakan Kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini berupa informasi tentang
proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil tes.
Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran trapesium dan layang-layang
dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Subjek penelitian adalah siswa
kelas V SD Negeri 8 Padang Laweh Kabupaten Sijunjung yang berjumlah 20 orang.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada (a) Penilaian RPP Siklus I
diperoleh rata-rata nilai 76,75%, Siklus II meningkat menjadi 96,42%, (b) Penilaian
aktivitas guru pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 76,25% pada siklus II meningkat
menjadi 95%, (c) Penilaian aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 73,75%
pada siklus II meningkat menjadi 96,25%, (d) Penilaian hasil belajar siswa siklus I pada
aspek nilai kognitif, afektif, dan psikomotor dengan rata-rata nilai adalah 64,87,
meningkat pada siklus II dengan rata-rata nilai kognitif, afektif, dan psikomotor adalah
81,54. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar luas trapesium dan layang-layang di kelas V
SD Negeri 8 Padang Laweh Kabupaten Sijunjung.rsholat dan berjihad
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 07:58 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 07:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17085 |