Peningkatan Kemampuan Parafrase Puisi Menjadi Cerita dengan Pendekatan Konstruktivisme Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri 08 Baringin Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Usmawati, Usmawati (2012) Peningkatan Kemampuan Parafrase Puisi Menjadi Cerita dengan Pendekatan Konstruktivisme Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri 08 Baringin Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_USMAWATI_09588_2312_2012.pdf] Text
final_B1_6_USMAWATI_09588_2312_2012.pdf

Download (504kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena 1) siswa sulit memahami makna puisi, 2) cerita yang dihasilkan belum saling keterkaitan antar paragraf, 3) bahasa yang digunakan kurang menarik, 4) penggunaan tanda baca dan huruf kapital tidak sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan parafrase puisi penjadi cerita dengan pendekatan konstruktivisme bagi siswa kelas VI SD Negeri 08 Baringin Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan lembaran observasi untuk melihat peningkatan kemampuan siswa dalam parafrase puisi menjadi cerita. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 08 Baringin Kecamatan Koto Tangah Kota Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Prosedur penelitian dilakukan dengan empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang peningkatan kemampuan parafrase puisi menjadi cerita pada tahap pra menulis, tahap menulis dan pasca menulis. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran parafrase puisi menjadi cerita dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme pada siswa kelas VI SD Negeri 08 Baringin Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. \
Hasil penelitian pada siklus I sebagian besar siswa masih kurang mampu dalam parafrase puisi menjadi cerita. Sehingga dilakukan bimbingan kepada siswa pada masing – masing langkah pembelajaran konstruktivisme. Pada siklus I nilai siswa pada tahap pra menulis adalah 58,33, tahap menulis 56,25, tahap pasca menulis 66,74, nilai siswa rata-rata parafrase puisi menjadi cerita pada siklus I adalah 60,44. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu pada tahap pra menulis adalah 78,27, tahap menulis 75,22, tahap pasca menulis 83,48, sehingga nilai ratarata siswa pada siklus II adalah 79. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan kemampuan parafrase puisi menjadi cerita pada siswa kelas VI SD Negeri 08 Baringin Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Parafrase Puisi dan Konstruktivisme
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 24 Jul 2025 04:45
Last Modified: 24 Jul 2025 04:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17078

Actions (login required)

View Item
View Item