Pengembangan Buku Ajar Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Reaslistik Indonesia Terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IV Sekolah Dasar

Moningsi, Gustina Surma (2021) Pengembangan Buku Ajar Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Reaslistik Indonesia Terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IV Sekolah Dasar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_GUSTINA_SURMA_MONINGSI_17129212_2710_2021.pdf] Text
B1_6_GUSTINA_SURMA_MONINGSI_17129212_2710_2021.pdf

Download (880kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh anggapan matematika sebagai salah satu
mata pelajaran yang sulit. Efek negatif dari hal tersebut adalah banyaknya siswa yang
merasa takut pada mata pelajaran matematika sebelum mereka benar-benar
mempelajari matematika. Berbagai faktor penyebab dari hasil belajar siswa rendah,
antara lain pembelajaran matematika yang disampaikan tidak secara menyenangkan ,
dan kurangnya literasi matematika. Inovasi yang dapat membantu dalam mengatasi
permasalahan di atas adalah dengan mengembangkan buku ajar interaktif
menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Buku ajar
menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia ini memuat
penanaman konsep materi yang akan mengkonstruksikan pengetahuan dan
mengaktifkan kreativitas siswa dalam menemukan informasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar matematika
menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap hasil
belajar keliling dan luas bangun datar, yang digunakan dalam pembelajaran
matematika di Sekolah Dasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model
pengembangan 4-D. Proses penelitian 4-D ini terdiri dari empat tahapan
pengembangan, yaitu : pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan
(develop), dan penyebaran (disseminate). Buku ajar yang dirancang divalidasi oleh
validator. Kemudian diuji cobakan di kelas IV A SDN 05 Perawang Kab.Siak, Riau
untuk mengetahui praktikalitas buku ajar yang dikembangkan.
Hasil penelitian dari buku ajar menggunakan pendekatan Pendidikan
Matematika Realistik Indonesia terhadap hasil belajar keliling dan luas bangun datar
yang dikembangkan, diperoleh hasil tingkat validitas awal buku ajar dengan jumlah
rata-rata keseluruhan nilai 67,33 dalam kategori valid. Selanjutnya, dilakukan revisi
buku ajar berdasarkan saran-saran validator dengan jumlah rata-rata keseluruhan nilai
72,66 dalam kategori valid. Hasil tingkat praktikalitas dinyatakan sangat praktis, hal
ini terlihat dari hasil respon guru dan hasil respon peserta didik dengan skor 96,42 %
dan 92,26 %. Hasil tahap penyebaran dengan skor 90,42%. Dengan demikian , buku
ajar matematika menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik
Indonesia terhadap hasil belajar keliling dan luas bangun datar dinyatakan valid dan
sangat praktis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 24 Jul 2025 04:45
Last Modified: 24 Jul 2025 04:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17077

Actions (login required)

View Item
View Item