Penerapan Problem Posing Dilengkapi Modul Pada Pembelajaran Fisika Kelas XI Semester 1 SMA N 8 Padang

Putri, Intan Puspa Sari Desha (2012) Penerapan Problem Posing Dilengkapi Modul Pada Pembelajaran Fisika Kelas XI Semester 1 SMA N 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_INTAN PUSPA SARI DESHA PUTRI_86280_2012.pdf] Text
B1_5_INTAN PUSPA SARI DESHA PUTRI_86280_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa masih rendahnya hasil pembelajaran fisika siswa di sekolah. Rendahnya hasil pembelajaran diantaranya disebabkan oleh kurang dilibatkannya siswa dalam proses pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif dan kreatif. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan pembelajaran problem posing yang dilengkapi dengan modul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran problem posing dilengkapi modul terhadap hasil pembelajaran fisika siswa kelas XI SMAN 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa pada kelas XI SMAN 8 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012. Kelas sampel ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang diperoleh adalah siswa kelas XI IA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif dan lembar observasi untuk ranah afektif. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif dan ranah afektif. Hasil penelitian yang diperoleh pada ranah kognitif adalah rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 71,54 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 64,37. Hasil analisis uji t, diperoleh thitung = 2,3 dan ttabel = 1,67 pada taraf nyata 0,05, berarti thitung berada di luar daerah penerimaan Ho, maka Hi diterima. Pada ranah afektif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 75,15 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 69,43. Hasil analisis uji t, diperoleh thitung = 2,4 besar dari ttabel = 1,67 pada taraf nyata 0,05, berarti thitung berada di luar daerah penerimaan Ho, maka Hi diterima. Dengan demikian dapat disimpukan bahwa terdapat pengaruh yang berarti dari pembelajaran problem posing dilengkapi modul terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 8 Padang.
i

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PROBLEM POSING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 24 Jul 2025 04:29
Last Modified: 24 Jul 2025 04:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17075

Actions (login required)

View Item
View Item