Mayusra, Urman (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 25 Balai Batu Sandaran Kec. Barangin Kota Sawahlunto. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_URMAN_MAYUSRA_09893_1977_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_URMAN_MAYUSRA_09893_1977_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_URMAN_MAYUSRA_09893_1977_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan observasi peneliti di SD Negeri 25 Balai Batu Sandaran, dalam mengajarkan IPS masih bersifat konvensional, sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Untuk itu peneliti tertarik memperbaiki proses pembelajaran IPS khususnya pada kompetensi dasar mengenal permasalahan sosial di daerahnya dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode problem solving. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, bentuk pelaksanaan dan penilaian hasil belajar siswa dengan menggunakan metode problem solving pada pembelajaran masalah sosial.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class room action research), dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan dengan cara bekerjasama antara peneliti dan guru. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, dan tes akhir pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD terteliti yang berjumlah 12 orang.
Hasil penelitian siklus I pertemuan I nilai rata-rata siswa hanya mencapai 68% dan pertemuan II nya 69%, sedangkan tes akhir siklus II pertemuan I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 74% dan pertemuan II nya sudah mencapai 85%. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran masalah sosial. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPS, Problem Solving |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Riska Monika Yanti |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 04:28 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 04:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17073 |