Yensi, Lastri (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis di Kelas IV SD Negeri 10 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_LASTRI_YENSI_52161_1653_2016.pdf [thumbnail of B1_6_LASTRI_YENSI_52161_1653_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_LASTRI_YENSI_52161_1653_2016.pdf
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang kurang tepat
sehingga rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA karena guru yang
masih belum melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu,
penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Konstruktivis di kelas
IV SD Negeri 10 Payakumbuh.
Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, menggunakan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahap kegiatan
yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah
guru dan siswa kelas IV Negeri 10 Payakumbuh. Data penelitian berupa proses
dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dari aspek guru, siswa,
dan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada pembelajaran IPA di kelas
IV. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan RPP pada siklus I adalah 76,78%
meningkat pada siklus II menjadi 87,50%. Pelaksanaan pembelajaran pada aspek
guru siklus I adalah 69,22% meningkat menjadi 93,75% pada siklus II dan dari
aspek siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata 69,80% meningkat menjadi
90,62% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada hasil penelitian Siklus I 72,34
meningkat menjadi 80,16 pada Siklus II.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 04:28 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 04:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17070 |