Peningkatan Hasil Pembelajaran IPA dengan Penerapan Metode Problem Solving di Kelas IV SD Fransiscus Padang Panjang

Zahara, Upik Rita (2012) Peningkatan Hasil Pembelajaran IPA dengan Penerapan Metode Problem Solving di Kelas IV SD Fransiscus Padang Panjang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_UPIK_RITA_ZAHARA_09729_6195_2014.pdf] Text
final_B1_6_UPIK_RITA_ZAHARA_09729_6195_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA di kelas IV SD Fransiscus Padang Panjang. Hal ini disebabkan oleh guru yang masih menggunakan metode konvensional pembelajaran berpusat pada guru. Dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran IPA dengan penerapan metode problem solving di kelas IV SD Fransiscus Padang Panjang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian terdiri dari 2 siklus dengan 4 pertemuan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian adalah lembar observasi, lembaran tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Fransiscus Padang Panjang.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan.Peningkatan dapat dilihat dari rancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Problem Solving. Untuk penilaian terhadap RPP diperoleh rata-rata siklus I adalah 77% meningkat menjadi 93% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar aspek kognitif siklus I adalah 69 (cukup) meningkat menjadi 81,5 (sangat baik). Peningkatan hasil belajar aspek afektif siklus I adalah 73 (cukup) meningkat menjadi 79,5 (baik). Peningkatan hasil belajar aspek psikomotor siklus I adalah 74 (cukup) meningkat menjadi 80 (baik). Dapat disimpulkan bahwa metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SD Fransiscus Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPA, Metode Problem Solving.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 24 Jul 2025 04:13
Last Modified: 24 Jul 2025 04:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17069

Actions (login required)

View Item
View Item