Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Dengan Menggunakan Strategi Pembuatan Peta Konsep Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 26 Air Tawar Timur Kecamatan Padang Utara Kota Padang

Lastri, Lastri (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Dengan Menggunakan Strategi Pembuatan Peta Konsep Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 26 Air Tawar Timur Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_LASTRI_07584_3261_2012.pdf] Text
B1_6_LASTRI_07584_3261_2012.pdf

Download (664kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran menulis karangan
deskripsi antara lain: siswa sulit mengungkapkan ide atau gagasan untuk membuat
tulisan dari objek yang diamatinya, karangan yang dihasilkan siswa belum tertata
dengan baik, siswa belum menggunakan tanda baca dengan tepat Rendahnya
kemampuan siswa dalam menulis deskripsi ini juga disebab kan dari faktor guru,
seperti: Guru belum menggunakan media sebagai objek yang akan dideskripsikan
oleh sisw , guru kurang mampu memberikan arahan pada saat menulis karangan
deskripsi. Dari permasalahan tersebut ternyata kemampuan siswa untuk menulis
karangan masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan mengguanakan strategi peta
konsep yang meliputi (1) tahap prapenulisan (2) penulisan (3) pascapenulisan.
Jenis penelitian ini adalah PTK (
Classroom Action Research), penelitian
menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya
melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif dan pendekatan
kuantitatif yang berupa angka-angka nilai siswa. Data penelitian diperoleh dari
hasil pengamatan, penilaian dan dokumentasi. Sumber data adalah proses
pelaksanaan pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan strategi peta
konsep
di kelas IV SD Negeri 26 Air Tawar Timur Kecamatan Padang Utara.
Subjek peneliti adalah guru kelas IV dan teman sejawat (observer), peneliti
(praktisi) dan siswa kelas IV Negeri 26 Air Tawar Timur Kecamatan Padang
Utara yang berjumlah 25 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis deskripsi
siswa mengalami peningkatan.
Dengan menggunakan strategi peta konsep ratarata

siswa pada siklus I pada tahap pra penulisan adalah 66, pada tahap
penulisan adalah 66 dan tahap pasca penulisan adalah 67 serta pada siklus II
pada tahap prapenulisan adalah 79 , pada tahap penulisan 82 dan tahap
pascapenulisan adalah 81. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan
menggunakan
strategi peta konsep dapat meningkatkan keterampilan menulis
deskripsi pada siswa kelas IV SD Negeri 26 Air Tawar Timur Kecamatan Padang
Utara.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Jul 2025 04:12
Last Modified: 24 Jul 2025 04:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17065

Actions (login required)

View Item
View Item