Peningkatan Kemampuan Motorik Halus melalui Bermain Kertas Krep di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal 15 Padang

Yenti, Gusni (2019) Peningkatan Kemampuan Motorik Halus melalui Bermain Kertas Krep di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal 15 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_GUSNI_YENTI_15022133_1096_2019.pdf] Text
final_B1_07_GUSNI_YENTI_15022133_1096_2019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan anak dalam kegiatan peningkatan motorik halus di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Atfhal 15 Padang belum berkembang. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui bermain kertas krep. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian anak usia dini 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal 15 Padang kelas B1 berjumlah 13 orang anak terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi dan hasil penilaian selanjutnya diolah dengan tekhnik persentase. Hasil penelitian setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui bermain kertas krep pada siklus I mencapai 37% dan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II peningkatan mencapai 88% untuk rata-rata nilai berkembang sangat baik (BSB) dan melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui bermain kertas krep dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus, Kertas Krep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 24 Jul 2025 04:01
Last Modified: 24 Jul 2025 04:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17060

Actions (login required)

View Item
View Item