Hubungan Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Lembah Melintang Pasaman Barat

Gulzamra, Gulzamra (2013) Hubungan Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Lembah Melintang Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_GULZAMRA_85167_482_2013.pdf] Text
final_B1_07_GULZAMRA_85167_482_2013.pdf

Download (456kB)

Abstract

Pemanfaatan perpustakaan di SMK negeri 1 lembah melintang kurang,sehingga penulis peneliti tertarik untuk meneliti masalah tersebut. Kemudian apakah perpustakaan ada pengaruhnya terhadap nilai siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar dengan hasil belajar siswa kelas X program keahlian teknik mesin SMK Neri 1 lembah Melintang Pasaman Barat tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini adalah penelitian deskriftip korelasional. Sampel penelitian yang digunakan untuk data hubungan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar dengan hasil belajar siswa kelas X program keahlian teknik mesin SMK Negeri 1 Lembah Melintang Pasaman Barat total sampling yaitu sumua siswa kelas X teknik Mesin. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Untuk uji hipotesis Terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar dengan hasil belajar siswa kelas X program keahlian teknik mesin SMK Negeri 1 Lembah Melintang Pasaman Barat. Diuji dengan analisis regresi tunggal sederhana antara lain: (1) tingkat pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar adalah kurang,rata-rata (93,63). (2) Tingkat ketercapaian hasil belajar siswa cukup baik dengan rata-rata (68,16). (3). Terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar dengan hasil belajar siswa kelas X program keahlian teknik mesin SMK Negeri 1 Lembah Melintang Pasaman Barat dimana r hitung (0,514)< r tabel(0,320) dan uji t diperoleh r hitung (3,597) < r tabel (1,684) pada taraf signifikan α=0,05 n=38 dari analisis regresi tunggal sederhana dengan persamaan (Y=55,162 + 0,139X) bila dilihat dari koefisien regresi sederhana yang berharga positif (b=0,139) maka hubungan fungsionalnya juga positif dan dapat disimpulkan bahwa semakin baik pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar maka semakin baik pula hasil belajar yang diperoleh oleh siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, Sumber Belajar, Teknik Mesin
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 24 Jul 2025 04:01
Last Modified: 24 Jul 2025 04:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17055

Actions (login required)

View Item
View Item