Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah Melalui Pendekatan Realistik pada Siswa Kelas III SD N 11 Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Hasanah, Laila (2012) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah Melalui Pendekatan Realistik pada Siswa Kelas III SD N 11 Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_LAILA_HASANAH_95473_587_2012.pdf] Text
B1_6_LAILA_HASANAH_95473_587_2012.pdf

Download (568kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar pada
pembelajaran operasi hitung campuran bilangan cacah di kelas III SD Negeri 11
Lubuk Buaya Kota Padang. Hal ini terjadi karena pada pembelajaran operasi
hitung campuran bilangan cacah guru belum menggunakan benda konkret dan
tidak beranjak dari permasalahan nyata yang dekat dengan siswa yang terjadi
dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan
hasil belajar operasi hitung campuran bilangan cacah dengan pendekatan realistik.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakan pendekatan realistik. Langkahlangkah

realistik yaitu: 1) memahami masalah kontekstual, 2) menjelaskan
masalah kontekstual, 3) menyelesaikan masalah kontekstual, 4) membandingkan
dan mendiskusikan jawaban, 5) menyimpulkan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini
meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi.
Penelitian secara kolaboratif antara peneliti dan teman sejawat yang bertindak
yang bertindak sebagai observer. Data penelitian ini berupa data rencana
pembelajaran, data aktivitas guru, data aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek
penelitian ini siswa kelas III SD Negeri 11 Lubuk Buaya tahun ajaran 2011/2012.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata hasil
belajar siswa kelas III SD Negeri 11 Lubuk Buaya Kota Padang dari KKM yang
ditetapkan yaitu 70. Pada siklus I nilai rata-rata tes hasil belajar siswa 66,33,
terdapat 10 orang siswa mendapat nilai di bawah KKM. Sedangkan pada siklus II
nilai rata-rata tes hasil belajar siswa 86,67 hanya 2 orang siswa yang mendapat
nilai di bawah KKM. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan realistik
pada materi operasi hitung campuran dapat meningkatkan hasil belajar siswa di
kelas III SD Negeri 11 Lubuk Buaya Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Jul 2025 04:00
Last Modified: 24 Jul 2025 04:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17053

Actions (login required)

View Item
View Item