Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Learning Type Think-Pair-Share Terhadap Hasil Belajar Prinsip Pembuatan Master Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK N 1 Sumatera Barat

Yulia, Asmaul Husna (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Learning Type Think-Pair-Share Terhadap Hasil Belajar Prinsip Pembuatan Master Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK N 1 Sumatera Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_ASMAUL_HUSNA_YULIA_1302432_3110_2017.pdf] Text
B1_05_ASMAUL_HUSNA_YULIA_1302432_3110_2017.pdf

Download (5MB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Prinsip Pembuatan Master di SMK N 1 Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Cooperatif Learning type Think-Pair-Share dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Prinsip Pembuatan Master kelas X Teknik Audio Video semester genap SMK N 1 Sumatera Barat Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini bersifat quasy eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik totaliting sample, Sampel penelitian yaitu kelas X TAV A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share dan kelas X TAV B sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dari post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata 83.94, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 77,88. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu 2,16> 1,697, karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan berarti pada taraf nyata, penelitian ini memperlihatkan bahwa, terdapat pengaruh hasil belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Prinsip Pembuatan Master siswa kelas X Teknik Audio Video di SMK N 1 Sumatera Barat. Maka model pembelajaran Think-Pair-Share lebih baik di bandingkan dengan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperatif Learning Terhadap Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:59
Last Modified: 24 Jul 2025 03:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17043

Actions (login required)

View Item
View Item