Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat di Kelas IV SDN 05 Surau Gadang Kota Padang

Rahmi, Ulva (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat di Kelas IV SDN 05 Surau Gadang Kota Padang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ULVA RAHMI_01362_2120_2013.pdf] Text
final_B1_6_ULVA RAHMI_01362_2120_2013.pdf

Download (706kB)

Abstract

Penelit ian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang belum disajikan dengan cara yang menarik, menantang minat siswa, serta kurang menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan masyarakat pada saat ini sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran dan standar ketuntasan dalam pembelajaran IPS yang diharapkan belum tercapai. Tujuan penelit ian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat di kelas IV SDN 05 Surau Gadang Kecamatan Nanggalo kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah Penelit ian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuant itatif. Penelit ian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana set iap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, hasil pengamatan dan refleksi pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat di kelas IV SDN 05 Surau Gadang kecamatan Nanggalo kota Padang.
Hasil penelit ian menunjukkan peningkatan dalam a) perencanaan pada siklus I memperoleh persentase nilai 78,6% meningkat menjadi 89,3% pada siklus II, b) pelaksanaan pembelajaran IPS dari aspek guru meningkat dari 78,2% pada siklus I meningkat menjadi 95,4% pada siklus II, pada aspek siswa diperoleh ratarata persentase 71,9% pada siklus I meningkat menjadi 92,2% pada siklus II, c) hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS siswa mengalami peningkatan dari 74,01 pada siklus I menjadi 78,70 pada siklus II. Dengan demikian, pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SDN 05 Surau Gadang kecamatan Nanggalo kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:58
Last Modified: 24 Jul 2025 03:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17030

Actions (login required)

View Item
View Item