Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Waktu, Jarak dan Kecepatan dengan Model Polya di Kelas V SD N 35 Padang Sarai Koto Tangah Kota PadangPeningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Waktu, Jarak dan Kecepatan dengan Model Polya di Kelas V SD N 35 Padang Sarai Koto Tangah Kota Padang

Safdayanti, Safdayanti (2014) Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Waktu, Jarak dan Kecepatan dengan Model Polya di Kelas V SD N 35 Padang Sarai Koto Tangah Kota PadangPeningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Waktu, Jarak dan Kecepatan dengan Model Polya di Kelas V SD N 35 Padang Sarai Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SAFDAYANTI_56720_4885_2014.pdf] Text
final_B1_6_SAFDAYANTI_56720_4885_2014.pdf

Download (901kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar soal cerita waktu, jarak dan kecepatan di kelas V SDN 35 Padang Sarai Koto Tangah Kota Padang. Hal ini terjadi karena guru belum mengajak siswa memahami masalah sehingga siswa tidak dapat membuat diketahui dan ditanyakan oleh soal cerita. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti memperbaiki proses pembelajaran soal cerita waktu, jarak dan kecepatan melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan model Polya. Tujuannya adalah mendeskripsikan bentuk perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Polya pada pembelajaran soal cerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan antara peneliti dan observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD terteliti yang berjumlah 30 orang. Hasil Penelitian pada perencanaan siklus I nilai rata-rata 84% dan siklus II 89%. Pada pelaksanaan aspek guru siklus I nilai rata-rata 71,43% dan siklus II 78,57%, sedangkan aspek siswa siklus I nilai rata-rata 67,86% dan siklus II 75%. Hasil belajar siswa siklus I nilai rata-rata kognitif 78,80% dan siklus II 87,73%. Dari hasil penelitian diatas penggunaan model Polya dapat meningkatkan hasil belajar soal cerita waktu, jarak dan kecepatan pada siswa kelas V SDN 35 Padang Sarai Koto Tangah Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Cerita Waktu, Jarak dan Kecepatan, Model Polya
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:57
Last Modified: 24 Jul 2025 03:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17026

Actions (login required)

View Item
View Item