Dewita, Siska Sri (2018) Analisis Kualitas Layanan pada Website Badan Pusat Statistik Kota Padang terhadap Kepuasan Pengguna dengan Menggunakan Dimensi pada Metode WebQual 3.0. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_SISKA_SRI_DEWITA_14076020_3161.pdf [thumbnail of B1_05_SISKA_SRI_DEWITA_14076020_3161.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_SISKA_SRI_DEWITA_14076020_3161.pdf
Download (1MB)
Abstract
Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang merupakan Lembaga Pemerintahan Non Kementrian (LPNK) yang bertanggung jawab dalam penyediaan data statistik dasar dan sektoral tentang statistik. Salah satu peran Badan Pusat Statistik adalah menjadi corong informasi penyedia data statistik yang akan digunakan sebagai sumber data dan analisis penentu arah kebijakan nasional. Badan Pusat Statistik Kota Padang merupakan satu-satunya lembaga yang bertanggung jawab terhadap ketersediaan data di Kota Padang. Untuk memudahkan dalam memperoleh data masing-masing Badan Pusat Statistik dibekali dengan sebuah Website. Dalam website tersebut terdapat beberapa sistem informasi yaitu Sistem Informasi Layanan Publikasi, Sistem Informasi Senarai Rencana Terbit dan Sistem Informasi Berita Resmi Statistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna tentang website Badan Pusat Statistik Kota Padang. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh website Badan Pusat Statistik dilihat dari kemudahan kegunaan (Usability), faktor kualitas informasi (Information Quality), kualitas interaksi (Interaction Quality) sebagai dimensi dari metode Webqual 3.0 terhadap kepuasan pengguna. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan analisis kualitas layanan website terhadap tingkat kepuasan pengguna. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah pengunjung pengguna data website Badan Pusat Statistik Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Usability, Information Quality dan Interaction Quality memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna website Badan Pusat Statistik Kota Padang, hasil ini didapatkan dari pengujian masing-masing hipotesis. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa masing-masing variabel Usability, Information Quality dan Interaction Quality memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna website Badan Pusat Statistik Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Usability, Information Quality, Interaction Quality,User Satisfaction, Website, Badan Pusat Statistik Kota Padang |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 03:57 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 03:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17024 |