Ufiad, Ufiad (2014) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Kelas IV SD Negeri 16 Air Tawar Timur Kota Padang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ULFIAD_11905_6780_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_ULFIAD_11905_6780_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ULFIAD_11905_6780_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena guru belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan sendiri konsep operasi hitung campuran bilangan bulat, melainkan hanya transfer ilmu dari guru sehingga siswa menjadi pasif dan hasil belajar rendah. Sehingga rendahnya hasil belajar operasi hitung campuran bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 16 Air Tawar Timur Kota Padang.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil pembelajaran operasi hitung campuran bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 16 Air Tawar Timur Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas IV SD Negeri 16 Air Tawar Timur Kota Padang yang terdaftar pada semester II tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian dilaksanakan II siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan, RPP siklus I adalah 71,4% dan siklus II adalah 85,7 %, aktivitas guru siklus I 70 %, siklus II meningkat 95 % dan aktivitas siswa siklus I 70 % siklus II meningkat 95 %, serta rata-rata hasil belajar siswa siklus I aspek kognitif 70,9, aspek afektif 73,9, dan aspek psikomotor 74,4. Pada siklus II, diperoleh hasil kognitif 81, afektif 81,6 dan psikomotor 80,1. Disimpulkan bahwa pendekatan PMRI dapat meningkatkan hasil belajar operasi hitung campuran bilangan bulat siswa dikelas IV.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Hitung Campuran Bilangan Bulat, dan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Riska Monika Yanti |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 03:56 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 03:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17021 |