Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Number Head Toghether (NHT) di kelas IV SDN 17 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman

Belina, Laila (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Number Head Toghether (NHT) di kelas IV SDN 17 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_LAILA_BELINA_1108367_845_2016.pdf] Text
B1_6_LAILA_BELINA_1108367_845_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS) yang selama ini masih berpusat kepada guru, siswa tidak terlibat langsung
dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan model
Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK)
dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini
berupa informasi tentang perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa yang
diperoleh dari hasil observasi dan tes akhir pembelajaran. Subjek penelitian adalah
guru dan siswa kelas IV SD yang berjumlah 20 orang.
Hasil penelitian siklus I dari aspek RPP diperoleh rata-rata 69,64% pada
siklus II meningkat menjadi 85,71% dengan kriteria amat baik. Pada aspek guru
siklus I diperoleh hasil 79,1% dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat
menjadi 88,88% dengan kriteria amat baik, sedangkan dari aspek siswa pada siklus I
diperoleh hasil 77,7% dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi
91,6% dengan kriteria amat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata
70,7 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 82,64 dengan kriteria
amat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam pembelajaran IPS dengan
model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas IV SDN 17 Sungai Limau kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:52
Last Modified: 24 Jul 2025 03:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17010

Actions (login required)

View Item
View Item