Peningkatan Keterampilan Membaca Sekilas dengan Menggunakan strategi PACER di Kelas IV SD N 19 ATB Kota Padang

Prasrihamni, Mega (2014) Peningkatan Keterampilan Membaca Sekilas dengan Menggunakan strategi PACER di Kelas IV SD N 19 ATB Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MEGA_PRASRIHAMNI_96249_3649_2014.pdf] Text
final_B1_6_MEGA_PRASRIHAMNI_96249_3649_2014.pdf

Download (452kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang diperoleh bahwa keterampilan membaca sekilas siswa masih rendah.. Guru belum menginformasikan cara membaca sekilas dengan tepat. Guru juga kurang memancing nalar siswa untuk berfikir tentang isi bacaan. Guru belum membimbing siswa untuk menemukan pikiran pokok dengan benar. Guru belum melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran yang telah terjadi. Akibatnya siswa kurang mampu membuat kesimpulan dengan cepat dan tepat. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca sekilas dengan menggunakan strategi PACER di kelas IV SD N 19 ATB Kota Padang pada tahap prabaca, saatbaca, dan pascabaca. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah PACER. Subjek penelitian adalah peneliti sebagai guru dan siswa kelas IV SD N 19 ATB Kota Padang, berjumlah 26 orang. Data yang dikumpulkan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang meliputi tahap prabaca, saatbaca, dan pascabaca. Hasil yang dicapai selama pembelajaran pada siklus 1 masih belum berhasil. Nilai rata-rata kelas pada tahap prabaca yaitu 42,31 pada siklus 2 meningkat menjadi 77,88. Pada tahap saatbaca yaitu 53,85 dan 63,08 meningkat pada siklus 2 menjadi 75,96 dan 84,23. Pada tahap pascabaca yaitu 55,77 meningkat pada siklus 2 menjadi 76,92. Sehingga secara keseluruhan pada siklus 1 memperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 53,88 meningkat menjadi 80,35 pada siklus. Perbaikan proses pembelajaran yang dilakukan membuat siswa lebih memahami serta mampu menemukan pikiran pokok yang ada pada bacaan. Hal itu juga berdampak kepada meningkatnya kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan dan menyimpulkan isi bacaan dengan mudah. Dengan demikian strategi PACER telah dapat meningkatkan keterampilan membaca sekilas.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membaca sekilas, Strategi PACER. Keterampilan membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:51
Last Modified: 24 Jul 2025 03:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17009

Actions (login required)

View Item
View Item