Sriyanti, Ulfa (2016) Peningkatan Proses Pembelajaran PKn Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas VI SD Negeri 01 Payakumbuh. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ULFA_SRIYANTI_56670_3602_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_ULFA_SRIYANTI_56670_3602_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ULFA_SRIYANTI_56670_3602_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDN 01 Payakumbuh bahwa pembelajaran masih sering didominasi oleh guru sebagai sumber belajar dan proses pembelajaran yang dilakukan guru belum melibatkan siswa dalam prosesnya sehingga hasil belajar PKn siswa rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan kooperatif tipe NHT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan proses belajar siswa di kelas VI SDN 01 Payakumbuh.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Tahap penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. subjek penelitiannya guru dan siswa kelas VI SDN 01 Payakumbuh yang terdaftar pada tahun pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes yang dilakukan dalam dua siklus penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) perencanaan pada siklus I nilainya 82,14% (B) meningkat pada siklus II menjadi 92,86% (SB). b) pelaksanaan siklus I aspek guru nilainya 82,5% (B) meningkat pada siklus II menjadi 95% (SB). Siklus I aspek siswa nilainya 82,5% (B) meningkat pada siklus II menjadi 95% (SB). Hasil belajar siswa pada siklus satu rata-rata nilai 75,5 (C), meningkat pada siklus II menjadi 90 (SB). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan kooperatif tipe NHT terbukti dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas VI SDN 01 Payakumbuh.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Proses Pembelajaran, PKN, Model Pembelajaran Kooperatif, dan Numbered Head Together (NHT) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Riska Monika Yanti |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 03:51 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 03:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17008 |