Peningkatan Keterampilan Menyimak dengan Menggunakan Media Audio bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 10 Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh Kota Bukittinggi.

Ashuri, Laila (2012) Peningkatan Keterampilan Menyimak dengan Menggunakan Media Audio bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 10 Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_LAILA_ASHURI_NST_04328_422_2013.pdf] Text
B1_6_LAILA_ASHURI_NST_04328_422_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan dalam
menyimak pelajaran khususnya pelajaran bahasa Indonesia, yaitu sulit mengingat
apa yang mereka dengar. Faktor yang mempengaruhi adalah penggunaan media
pembelajaran belum maksimal, guru belum memanfaatkan media pembelajaran
bervariasi. Kondisi ini menyebabkan rendahnya minat belajar siswa sehingga
berdampak pada hasil belajar. Dalam hal ini peneliti menggunakan media audio,
karena pembelajaran dengan audio akan membuat siswa lebih semangat dan ilmu
yang diperoleh dapat bertahan lama. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif
dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas
yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 10 Sapiran Kota Bukittinggi. Data
penelitian diperoleh dengan menggunakan pencatatan lapangan, observasi, dan
evaluasi (tes).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio dapat
meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas V SD. Hal ini tercermin dari
hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat
peningkatan kemampuan menyimak melalui penilaian proses dan hasil. Penilaian
proses pada siklus 1 adalah 68 dan penilaian hasil diperoleh nilai 61. Sedangkan
pada siklus II pada penilaian proses diperoleh nilai 80 dan penilaian hasil 79. Pada
hasil pengamatan ini terlihat adanya peningkatan keterampilan siswa dalam proses
pembelajaran. Maka, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan media audio dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:30
Last Modified: 24 Jul 2025 03:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17002

Actions (login required)

View Item
View Item