Ratnawati, Ratnawati (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Inkuri Dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 24 Kota Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RATNAWATI_52162_4433_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_RATNAWATI_52162_4433_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RATNAWATI_52162_4433_2012.pdf
Download (814kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di SD Negeri 24 Kota Payakumbuh bahwa siswa masih kesulitan dalam memahami konsep IPA karena belum menggunakan pendekatane pembelajaran yang tepat akibatnya pembelajaran kurang menyenangkan bagi peserta didik terbukti dengan nilai IPA yang kurang memuaskan. Diantara berbagai pendekatan pembelajaran yang ada salah satunya adalah pendekatan inkuiri. Pendekatan ini memberi kesempatan kepada siswa untuk berfikir dan berdiskusi, melatih siswa memecahkan masalah dan menemukan jawababan dari masalah itu sendiri. Melihat hal tersebut dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penggunaan pendekatan inkuiri untuk peningkatkan hasil belajar IPA di Kelas IV SD Negeri 24 Kota Payakumbuh Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2011/2012 di SD Negeri 24 Kota Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan dengan empat tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi Hasil penelitian pada siklus I dalam penilaian RPP mendapat rata-rata sebesar 82,13 % dengan kualifikasi sangat baik, pada siklus II 96,4 % dengan kualifikasi sangat baik juga. Hasil penilaian dari aspek kegiatan guru pada siklus I rata-rata sebesar 83,6 % dengan kualifikasi sangat baik, dan dari aspek siswa ratarata 76,7 % dengan kualifikasi baik. Dan pada siklus II penilaian dari aspek kegiatan guru sebesar 96,9 % dengan kualifikasi sangat baik sedangkan dari aspek kegiatan siswa 89 % dengan kualifikasi sangat baik. Untuk hasil penilaian pembelajaran pada siklus I diperoleh rata-rata 67,2, dan siklus II rata-rata 84. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA bagi siswa kelas IV SD Negeri 24 Kota Payakumbuh.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,Pendekatan Inkuri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 03:28 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 03:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/17001 |