Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kecerdasan Emosional Guru terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan

Wisda, Rini Syevyilni (2015) Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kecerdasan Emosional Guru terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_RINI_SYEVYILNI_WISDA_1303807_5660_2015.pdf] Text
B1_1_RINI_SYEVYILNI_WISDA_1303807_5660_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan di lapangan,teramati bahwa kinerja guru SMA Negeridi Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan belum optimal. Peneliti menduga bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kecerdasan emosional guru mempengaruhi kinerja guru SMA Negeri di Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan, oleh karena itu diadakan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi gaya kepemimpinan kepalasekolah dan kecerdasan emosional guru terhadap kinerja guru SMA Negeri diKecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: 1) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah berkontribusi terhadap kinerja guru; 2) Kecerdasan Emosional Guru berkontribusi terhadap kinerja guru; 3) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kecerdasan Emosional Guru berkontribusi secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri di KecamatanRanah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 114 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Sampel yang terpilih sebanyak 38 orang. Data dikumpulkan dengan angket dengan skala likert yang telah diuji kesahihan dan keterandalannya. Data dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah berkontribusi terhadap kinerja guru 2) Kecerdasan Emosional Guru berkontribusi terhadap kinerja guru 3) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kecerdasan Emosional Guru secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja guru. Berdasarkan analisis deskriptif mengungkapkan bahwa kinerja guru dankecerdasan emosional guru sama-sama berada pada kategori baik, dan gaya kepemimpinan kepala sekolah pada kategori cukup dari skor ideal

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah; Kecerdasan Emosional Guru; Kinerja Guru
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Wiwi Sartika S.Sos
Date Deposited: 21 Jan 2025 06:56
Last Modified: 21 Jan 2025 06:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item
View Item