Elmi, Ratna Yulida (2015) Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dengan Pendekatan Proses Membaca di Kelas IV SDN 27 Sungai Geringging. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RATNA_YULIDA_ELMI_58310_2319_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_RATNA_YULIDA_ELMI_58310_2319_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RATNA_YULIDA_ELMI_58310_2319_2016.pdf
Download (788kB)
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini berdasarkan kenyataan yang peneliti amati di SDN 27 Sungai Geringging rendah. Hal ini disebabkan kurang menariknya cara pembelajaran oleh guru membuat rendahnya minat baca siswa. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan, guru juga mengalami kesulitan membimbing siswa dalam membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatkan kemampuan membaca intensif siswa dengan pendekatan proses membaca di kelas IV SDN 27 Sungai Geringing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas IV SDN 27 Sungai Geringging yang berjumlah 15 orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan kemampuan membaca intensif siswa tahap prabaca dengan rata-rata perolehan nilai dalam persen 62,67 (C), sedangkan pada siklus II 77 (B). pada tahap saatbaca pada siklus I diperoleh nilai siswa rata-rata 64 (C) sedangkan pada siklus II perolehan nilai siswa 78 (B). pada tahap pascabaca perolehan nilai siswa pada sikus I 63,33 (C) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 89 (SB). Dengan demikian dapat disimpulkan penelitian yang dilaksanakan dikelas IV SDN 27 Sungai Geringging, penggunaan metode pendekatan proses membaca dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan,Membaca |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 03:28 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 03:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16995 |