Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Berbantuan Media Gambar di Kelas V SD Negeri 20 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Nurul, Ulfa (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Berbantuan Media Gambar di Kelas V SD Negeri 20 Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ULFA_NURUL_FAUZIAH_1200711_4688_2016.pdf] Text
final_B1_6_ULFA_NURUL_FAUZIAH_1200711_4688_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang diperoleh bahwa kemampuan menulis puisi siswa masih rendah. Penyebabnya adalah guru kurang menerapkan pemakaian media dalam pembelajaran dan belum menerapkan langkah-langkah menulis puisi. Sehingga siswa belum mampu menemukan dan mengembangkan ide dalam menulis puisi, pilihan kata yang digunakan masih terlalu kaku, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi berbantuan media gambar di kelas V SD Negeri 20 Indarung Lubuk Kilangan Kota Padang.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah peneliti sebagai guru dan siswa kelas V SD Negeri 20 Indarung, berjumlah 36 orang. Data yang dikumpulkan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang meliputi tahap prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan.
Hasil yang diperoleh guru selama pembelajaran pada siklus I 70% dan meningkat menjadi 90% pada siklus II. Hasil proses pembelajaran siswa pada siklus I 63,33% meningkat pada siklus II menjadi 90%. Hasil yang dicapai dari 36 orang siswa selama pembelajaran pada siklus I masih belum berhasil. Nilai siswa pada tahap prapenulisan yaitu 67,71 pada siklus II meningkat menjadi 81,60. Pada tahap penulisan yaitu 65,82 meningkat pada siklus II menjadi 78,82. Pada tahap pascapenulisan yaitu 68,86 meningkat pada siklus II menjadi 82,64. Sehingga secara keseluruhan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 67,01 masih kualifikasi cukup dan meningkat menjadi 81,02 dengan kualifikasi baik pada siklus II. Dengan demikian media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Puisi, Media Gambar, dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:27
Last Modified: 24 Jul 2025 03:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16989

Actions (login required)

View Item
View Item