Sari, Ratna Widia (2012) Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri No. 24 Koto Berapak Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RATNA_WIDIA_SARI_09859_4467_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_RATNA_WIDIA_SARI_09859_4467_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RATNA_WIDIA_SARI_09859_4467_2012.pdf
Download (490kB)
Abstract
Penelitian ini berdasarkan dari kenyatan di SD Negeri No. 24 Koto Berapak Kec. Bayang dalam materi IPA, bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru. Selama pembelajaran, siswa hanya mendengarkan penjelasan guru, sehingga keterampilan proses yang seharusnya diperoleh siswa kurang tercapai. akhirnya hasil belajar siswa menjdi rendah. Penelitian tindakkan kelas ini, mencoba meningkatkan hasil belajar IPA melalui pendekatan keterampilan proses di SD Negeri 24 Koto berapak kec. Bayang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang hasil pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan keterampilan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian ini meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti (praktisi) dn siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif antara penelitian dan guru. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan perencanaan, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, hasil tes awal yang diperoleh dari 20 siswa. Data diolah dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan menunjukan peningkatan yaitu (1) penilaian RPP dari 75% pada siklus I menjadi 89% pada siklus II, (2) pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari aspek guru dari 73% pada siklus I menjadi 89% pada siklus II daaspek siswa meningkat dari 74% pada siklus I menjadi 89% pada siklus II, (3) penilaian hasil beljar kognitif siswa meningkat dari 71 pada siklus I menjadi 82 pada siklus II, nilai dari aspek afektif siswa meningkat dari 71% pada siklus I menjadi 77% pada siklus II. Sedangkan nilai dari aspek psikomotor siswa dari 69% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 24 Koto Berapak Kecamatan Bayang kabupaten Pesisir Selatan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Pembelajaran,IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 03:25 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 03:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16984 |