Peningkatan Hasil Belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Lubuk Buaya Kota Padang

Mediarti, Mediarti (2012) Peningkatan Hasil Belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Lubuk Buaya Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MEDIARTI_09525_2315_2012.pdf] Text
final_B1_6_MEDIARTI_09525_2315_2012.pdf

Download (609kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Lubuk Buaya Kota Padang yang masih kurang memahami makna peninggalan bersejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Lubuk Buaya Kota Padang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Lubuk Buaya Kota Padang. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data Kualitatif dan Kuantitatif. Hasil Belajar siswa kelas V kelas V SD Negeri 02 Lubuk Buaya Kota Padangdari siklus I ke siklus II meningkat sebanyak 11%, hal itu dapat dilihat dari nilai ketuntasan yang diperoleh pada siklus I pertemuan I yaitu 38 %, pada siklus I pertemuan II nilai ketuntasan yang diperoleh 49 % dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 97%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Lubuk Buaya Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Pembelajaran IPS, Pendekatan kooperatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:24
Last Modified: 24 Jul 2025 03:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16974

Actions (login required)

View Item
View Item