Pritaweni, Tya (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Teknik Mind Map dalam Pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 07 Ulak Karang Selatan Kota Padang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_TYA_PRITAWENI_11934_5877_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_TYA_PRITAWENI_11934_5877_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_TYA_PRITAWENI_11934_5877_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di kelas V SD N 07 Ulak Karang Selatan bahwa guru kurang menggunakan peta pikiran dalam pembelajaran IPS dibandingkan siswa sehingga siswa kurang terlibat secara langsung dalam mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya dan menganalisa masalah yang ditemukan dalam proses pembelajaran. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan bagaimana rancangan, pelaksanakan dan hasil belajar dengan menggunakan teknik mind map dalam pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 07 Ulak Karang Selatan Kota Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus penelitian terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 07 Ulak Karang Selatan Kota Padang dengan jumlah siswa 24 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan teknik mind map dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V. Hal ini dapat dilihat dari: Hasil pengamatan RPP pada siklus I adalah 75% meningkat pada siklus II menjadi 89,24%. Ini juga terlihat dari pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I adalah 70% meningkat menjadi 93,16% pada siklus II dan dari aspek siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata 72% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada hasil penelitian siklus I 71 meningkat menjadi 85,38 pada siklus II. Dengan demikian proses pembelajaran IPS dengan menggunakan teknik mind map dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SDN 07 Ulak Karang Selatan Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPS, teknik mind map. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Riska Monika Yanti |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:39 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 02:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16967 |