Kontribusi Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Menggunakan Perkakas Tangan Keahlian Teknik Pemesinan Di SMK Negeri 1 Padang

Asrul, Irwanto (2016) Kontribusi Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Menggunakan Perkakas Tangan Keahlian Teknik Pemesinan Di SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_ IRWANTO_ASRUL_1206258_4833_2016.pdf] Text
final_B1_07_ IRWANTO_ASRUL_1206258_4833_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat belajar dengan hasil belajar pada mata diklat Menggunakan Perkakas Tangan Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Padang yang berjumlah 97 orang siswa. Dengan mengambil sampel dari anggota populasi didapat sampel berjumlah 50 orang siswa. Dari hasil uji validitas angket minat belajar siswa pada mata diklat menggunakan perkakas tangan diperoleh 45 butir instrumen yang dinyatakan valid dari 55 butir instrumen yang diuji cobakan. Hasil dari uji reliabilitas di peroleh nilai sebesar 0.919 maka disimpulkan instrumen penelitian yang di gunakan reliabel/handal. Minat belajar berada pada kategori sedang. Hal ini dapat dilihat melalui deskripsi data kuisioner yang disebarkan kepada 50 responden, di mana skor rata-rata yang diperoleh adalah 182,70 sedangkan skor tengah di peroleh sebesar 186. Hasil belajar mata diklat menggunakan perkakas tangan termasuk dalam kategori sedang. Hal ini dapat dilihat dari deskripsi data 50 responden yang diperoleh dari nilai pada semester II, dimana skor rata-rata yang diperoleh adalah 84,68 sedangkan skor tengah diperoleh sebesar 84,00. Dalam penelitian ini diperoleh harga koefisien korelasi minat belajar terhadap hasil belajar menggunakan perkakas tangan keahlian teknik pemesinan di SMK Negeri 1 Padang sebesar 0,733 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,538 dari banyak faktor-faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar. Hal ini berarti minat belajar siswa berhubungan sebesar 53,8% dengan hasil belajar pada mata diklat menggunakan perkakas tangan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar mata diklat menggunakan perkakas tangan siswa kelas X keahlian teknik pemesian di SMK Negeri 1 Padang tahun ajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, Minat Belajar, Hasil Belajar, Siswa SMK
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:38
Last Modified: 24 Jul 2025 02:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16965

Actions (login required)

View Item
View Item