Anggraini, Rusti (2013) Peningkatan Hasil Belajar Menghitung Bilangan Berpangkat dan Penarikan Akar dengan Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas V SDN 09 Kayu Aro Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RUSTI_ANGGREINI_90219_1783_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_RUSTI_ANGGREINI_90219_1783_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RUSTI_ANGGREINI_90219_1783_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa siswa kelas V SD Negeri 09 Kayu Aro kecamatan Bungsu teluk Kabung kesulitan dalam pembelajaran menghitung bilangan berpangkat dan penarikan akar sering didominasi oleh guru. Dalam proses pembelajaran siswa tidak bisa membangun sendiri pengetahuan sehingga siswa tidak mendapatkan hasil belajar yang sebagaimana diharapkan, dimana siswa kurang paham dengan materi bilangan berpangkat dan penarikan akar. Hal itu dapat diatasi dengan menggunakan metode pembelajaran konstruktivisme, agar siswa dapat membangun sendiri pengetahuannya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan rencana, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar menghitung bilangan berpangkat dan penarikan akar dengan menggunakan Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ), terdiri dari dua siklus dengan 3 kali pertemuan dan empat tahap kegiatan, kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap kegiatan dari siklus I ke siklus II sebagai berikut: (1) RPP meningkat 30% yaitu dari 65% menjadi 95%, (2) (a) pengamatan aspek guru meningkat 25% yaitu dari 70% menjadi 95%, (b) pengamatan aspek siswa meningkat 25% yaitu dari 70% menjadi 95%. Sedangkan hasil belajar siswa dari aspek kognitif meningkat 11 dari 71,17 menjadi 82,18, aspek afektif meningkat 23% yaitu dari 69% menjadi 92%, aspek psikomotor meningkat 22% yaitu dari 69% menjadi 91%. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian ini pendekatan konstruktifisme dapat meningkatkan hasil belajar menghitung bilangan berpangkat dan penarikan akar pada siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Konstruktivisme, Hasil belajar, Menghitung Bilanganberpangkat dan Penarikan Akar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:37 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 02:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16960 |