Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas IV dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) di SDN 30 Kayu Tanduk Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar.

Sinaga, Rustan (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas IV dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) di SDN 30 Kayu Tanduk Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RUSTAN_SINAGA_58417_1819_2015.pdf] Text
final_B1_6_RUSTAN_SINAGA_58417_1819_2015.pdf

Download (350kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pembelajaran masih sering didominasi oleh guru sebagai sumber belajar dan proses pembelajaran yang dilakukan guru belum melibatkan siswa dalam prosesnya sehingga hasil belajar PKn siswa rendah. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan guru untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan pendekatan kooperatif tipe NHT. Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan pendekatan kooperatif tipe NHT di kelas IV SDN 30 Kayu Tanduk Kecamatan X Koto. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan pendekatan kooperatif tipe NHT di kelas IV SDN 30 Kayu Tanduk Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitiannya guru dan siswa kelas IV SDN 30 Kayu Tanduk yang terdaftar pada tahun pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dilakukan dalam dua siklus penelitian. Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran PKn dengan NHT adalah: 1) menyampaikan materi, 2) memberikan kuis/tes individu, 3) membagi kelompok secara heterogen, 4) mengajukan permasalahan, 5) menguji pemahaman dengan berdasarkan nomor urut, 6) merangkum penegasan pembelajaran, 7) memberikan kuis individu, dan 8) memberikan penghargaan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dimana persentase rata-rata penilaian RPP siklus I sebesar 73,22% naik menjadi 89,30% pada siklus II. Persentase rata-rata aktivitas guru pada siklus I sebesar 61,36% naik menjadi 86,36% pada siklus II. Persentase rata-rata aktivitas siswa siklus I 63,45% naik menjadi 90,90% pada siklus II. Persentase rata-rata ketuntasan belajar siswa siklus I sebesar 43,34% naik menjadi 80% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan kooperatif tipe NHT terbukti dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas IV SDN 30 Kayu Tanduk Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:37
Last Modified: 24 Jul 2025 02:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16952

Actions (login required)

View Item
View Item