Novendri, Fungky (2021) Analisis Intensitas Kebisingan Lalu Lintas Jalan Raya di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_Fungky_Novendri_16136078_1153_2022.pdf [thumbnail of final_B1_06_Fungky_Novendri_16136078_1153_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_Fungky_Novendri_16136078_1153_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Membandingkan intensitas kebisingan yang
terukur di Jalan Imam Bonjol dan Jalan Khatib Sulaiman Kota Padang dengan baku mutu
kebisingan, 2) Memetakan pola penyebaran kebisingan di Jalan Imam Bonjol dan Jalan
Khatib Sulaiman Kota Padang.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, yaitu
menguraikan fakta-fakta kebisingan yang terjadi dengan mengukur intensitas kebisingan
yang disebabkan oleh kegiatan lalu lintas menggunakan alat Sound Level Meter. Data
pengukuran intensitas kebisingan yang telah didapat dianalisis dengan melakukan uji
komparasi paired sample t-test dan diolah dengan proses pembuatan peta pola kebisingan
menggunakan software ArcGis 10.3, memanfaatkan metode interpolasi inverse distance
weighting (IDW).
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan 1) Nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 <
0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara intensitas
kebisingan lalu lintas jalan raya pada hari kerja dan hari libur. Intensitas kebisingan
berkisar antara 68,83 dB-75,33 dB untuk Jalan Imam Bonjol dan 72,65 dB-77,52 dB untuk
Jalan Khatib Sulaiman. Maka intensitas kebisingan pada Jalan Imam Bonjol dan Jalan
Khatib Sulaiman Kota Padang telah melebihi baku mutu yang diizinkan. 2) Peta pola
kebisingan hasil pengolahan dari software ArcGis 10.3 menunjukkan pola sebaran
intensitas kebisingan pada Jalan Imam Bonjol dan Jalan Khatib Sulaiman Kota Padang.
Pemetaan kebisingan pada daerah perdagangan (Jalan Imam Bonjol) dan daerah
perkantoran (Jalan Khatib Sulaiman) pada masing-masing daerah telah melebihi ambang
batas baku mutu kebisingan yang telah ditetapkan. Visualisasi pola kebisingan
menggunakan tingkatan warna. Penggolongan warna tersebut didasarkan atas nilai tingkat
kebisingan. Perbedaan hasil pengukuran dapat diakibatkan oleh jarak setiap pengukuran
dengan sumber bising, jumlah kendaraan yang melintas di titik pengukuran dan suara-suara
yang dihasilkan oleh kendaraan yang melintas di sepanjang jalan raya seperti suara
knalpot, kampas rem dan bunyi klakson.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | G Geography |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Geografi-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:37 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 02:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16950 |