Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Inkuiri di Kelas VA SDN 16 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman

Geminitawijaya, Tuty (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Inkuiri di Kelas VA SDN 16 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_TUTY_GEMINITAWIJAYA_1110650_1923_2014.pdf] Text
final_B1_6_TUTY_GEMINITAWIJAYA_1110650_1923_2014.pdf

Download (395kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya nilai hasil belajar IPA di kelas VA SDN 16 Nan Sabaris. Penyebabnya adalah proses pembelajaran masih bersifat konvensional dan masih berpusat pada guru (teacher centered) sehingga siswa cenderung merasa bosan karena ia hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas VA SDN 16 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitaif dengan dua siklus secara kolaboratif antara peneliti dengan pengamat. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran IPA tentang alat pernapasan manusia di kelas VA SDN 16 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman.
Hasil penilaian RPP siklus I adalah 75% dan siklus II adalah 82%. Hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru siklus I adalah 79% dan siklus II adalah 84%. Hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran dari aspek siswa siklus I adalah 78% dan siklus II adalah 82%. Hasil belajar siswa untuk aspek kognitif siklus I adalah 36% dan siklus II adalah 61%. Hasil belajar siswa untuk aspek afektif siklus I adalah 81% dan siklus II adalah 94%. Hasil belajar siswa untuk aspek psikomotor siklus I adalah 75% dan siklus II adalah 94%. Kesimpulan penelitian tindakan kelas adalah penggunaan metode inkuiri pada kelas VA SDN 16 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPA, Metode Inkuiri, dan Kelas VA SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:36
Last Modified: 24 Jul 2025 02:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16949

Actions (login required)

View Item
View Item