Implementasi Pembelajaran Tematik dengan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV SD Negeri 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh Kotam Padang

Sari, Kurnia (2014) Implementasi Pembelajaran Tematik dengan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV SD Negeri 15 Ulu Gadut Kecamatan Pauh Kotam Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_KURNIA_SARI_18073_1080_2015.pdf] Text
B1_6_KURNIA_SARI_18073_1080_2015.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pembelajaran tematik di lapangan
belum sesuai dengan konsep yang diharapkan, pemisahan antar bidang studi
masih terlihat atau masih terkotak-kotak antar mata pelajaran yang dipadukan,
guru kurang memberikan masalah sesuai dengan kehidupan siswa, kurang
memberikan konsep yang nyata terhadap siswa, guru kurang memupuk sikap
inkuiri yang ada dalam diri siswa serta kurang memupuk kemampuan siswa untuk
memecahkan suatu masalah nyata yang ada di sekitarnya. Akibatnya siswa di
dalam kelas terlihat monoton dan tidak beraktifitas dan siswa kurang mampu
menentukan masalah dan merumuskannya.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV
SD Negeri 15 Ulu Gadut Kota Padang dengan jumlah siswa 28 orang dan peneliti
berperan sebagai praktisi serta guru kelas berperan sebagai observer. Penelitian ini
dilaksanakan sebanyak III siklus.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam a) perencanaan
pembelajaran pada siklus I adalah 64.4 (2.33) dengan kualifikasi cukup, pada
siklus II adalah 78.8 (3.00) dengan kualifikasi baik dan siklus III adalah 92.2 (4)
dengan kualifikasi sangat baik, b) pengamatan praktik pembelajarana siklus I
adalah 71,4 (3.00) dengan kualifikasi baik, pada siklus II adalah 80.9 (3.33)
dengan kualifikasi baik dan siklus III adalah 90.4 (4) dengan kualifikasi sangat
baik, c) hasil belajar siswa rata-rata pada siklus I adalah 2.63 dengan kualifikasi
cukup, pada siklus II adalah 3.02 dengan kualifikasi baik, dan pada siklus III
adalah 3.18 dengan kualifikasi baik. Dengan demikian, pembelajaran tematik
menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat diimplementasikan di
SD Negeri 15 Ulu Gadut Kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:36
Last Modified: 24 Jul 2025 02:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16948

Actions (login required)

View Item
View Item