Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Media Model Di Kelas IV SD Pertiwi 2 Kecamatan Padang Timur Kota Padang

Rusniati, Rusniati (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Media Model Di Kelas IV SD Pertiwi 2 Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RUSNIATI_90231_1218_2012.pdf] Text
final_B1_6_RUSNIATI_90231_1218_2012.pdf

Download (845kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengalaman peneliti mengajar di kelas IV SD pertiwi 2 kecamatan Padang Timur, pembelajaran IPA masih didominasi oleh guru, guru jarang menggunakan media yang dapat merangsang rasa ingin tahu siswa. Sehingga siswa terlihat tidak aktif dan tidak bersemangat dalam belajar. sehingga hasil belajar siswa juga rendah. Untuk dapat meningkatkan dan menciptakan proses pembelajaran yang aktif dan menyenangkan salah satunya dengan menggunakan media model. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penilaian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, diskusi dan dokumentasi. Sumber data adalah proses pembelajaran IPA di Kelas IV pertiwi 2 Kecamatan Padang Timur. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas IV SD pertiwi 2 Kecamatan Padang Timur yang berjumlah 33 orang. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap Penelitian Tindakan Kelas yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pada siklus I kualifikasi keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan adalah (cukup), kemudian pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi berkualifikasi (sangat baik). Rata-rata kelas hasil belajar siswa ranah kognitif siklus I adalah 70 dan pada akhir siklus II rata-rata kelas ranah kognitif meningkat menjadi 83. Rata-rata hasil belajar ranah afektif awal siklus I adalah 69,81 (cukup), dan pada akhir siklus II rata-rata hasil belajar ranah afektif adalah 89,75 (sangat baik). Rata-rata hasil belajar psikomotor siklus I adalah 65,93 (cukup) dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 87,66 (sangat baik). Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa dengan menggunakan media model dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD pertiwi 2 Kecamatan Padang Timur

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran IPA, Media Model
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:36
Last Modified: 24 Jul 2025 02:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16943

Actions (login required)

View Item
View Item