Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 24 Batung Taba Kec. Lubuk Begalung Kota Padang

Zuriyani, Zuriyani (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 24 Batung Taba Kec. Lubuk Begalung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ZURIYANI _95515_2670_2014.pdf] Text
final_B1_6_ZURIYANI _95515_2670_2014.pdf

Download (663kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPSyang bersifat pasif (mendengarkan apa yang disampaikan guru). Guru dalam pembelajaran IPS pada umumnya belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Hal ini menyebabkan siswa tidak dapat menyelesaikan masalah yang dihadapinya, disamping itu minat dan hasil belajar siswa menurun.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran IPS dengan model Problem Based Learning(PBL) pada siswa kelas IV SDNegeri 24 Batung Taba Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan melalui kerjasama dengan guru kelas dan teman sejawat. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVSDN 24 Batung Taba yang berjumlah 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Penilaian RPP untuk siklus I pertemuan 1 adalah 71%, meningkat menjadi 100%. Penilaian pelaksanaan dari aktivitas gurudari69%, meningkat75%, meningkat88%, dan meningkat lagi 94%. Untuk aktivitas siswa 63%, meningkat69%, meningkat88%, meningkat lagi 94%. Penilaian hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 66, siklus I pertemuan 2 adalah 71, siklus II pertemuan 1 adalah 76 dan siklus II pertemuan 2 adalah 84. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Model Problem Based Learning dapat meningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Problem Based Learning, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:36
Last Modified: 24 Jul 2025 02:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16942

Actions (login required)

View Item
View Item