Elvionita, Silvi (2015) Pengaruh LKS Terintegrasi Noise Pollution terhadap Kompetensi Fisika dalam Pembelajaran Polya Problem Solving pada Materi Gelombang dan Bunyi di SMA Negeri 2 Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_SILVI_ELVIONITA_1106302_6665_2016.pdf [thumbnail of B1_05_SILVI_ELVIONITA_1106302_6665_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_SILVI_ELVIONITA_1106302_6665_2016.pdf
Download (6MB)
Abstract
endahnya motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah menyebabkan rendahnya kompetensi fisika peserta didik. Motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kontekstual dan autentik yang dilakukan dengan memberi peserta didik LKS terintegrasi noise pollution. Kemampuan pemecahan masalah dapat ditingkatkan melalui kegiatan memecahkan masalah dalam LKS menggunakan model pembelajaran Polya problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menyelidiki pengaruh LKS terintegrasi noise pollution terhadap kompetensi fisika peserta didik 2) menyelidiki seberapa besar kontribusi LKS terintegrasi noise pollution terhadap kompetensi fisika peserta didik 3) menyelidiki pengaruh model pembelajaran Polya problem solving terhadap kompetensi fisika peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Kedua kelas sampel menggunakan model pembelajaran Polya problem solving, dimana kelas eksperimen menggunakan LKS terintegrasi noise pollution dan kelas kontrol menggunakan LKS biasa. Data penelitian adalah nilai setiap kompetensi kedua kelas sampel, nilai LKS terintegrasi noise pollution dan nilai kompetensi pengetahuan kelas kontrol sebelum penelitian. Data penelitian dianalisis dengan uji kesamaan dua rata-rata dan uji korelasi dalam regresi. Uji kesamaan dua rata-rata dilakukan untuk menganalisis nilai setiap kompetensi kedua kelas sampel serta nilai kompetensi pengetahuan kelas kontrol sebelum dan sesudah penelitian. Uji korelasi dalam regresi dilakukan untuk menganalisis nilai setiap kompetensi kelas eksperimen dan nilai LKS terintegrasi noise pollution. Penelitian menunjukkan hasil belajar masing-masing kompetensi kedua kelas sampel berbeda signifikan, dimana kelas eksperimen memiliki hasil belajar lebih tinggi. Ini dianggap sebagai pengaruh peranan LKS terintegrasi noise pollution. Hal yang sama juga ditunjukkan oleh hasil belajar kompetensi pengetahuan kelas kontrol sebelum dan sesudah penelitian, dengan hasil belajar sesudah penelitian lebih tinggi. Ini dianggap sebagai pengaruh penerapan model pembelajaran Polya problem solving. Tingkat keberartian hubungan LKS terintegrasi noise pollution dengan hasil belajar masing-masing kompetensi kelas eksperimen adalah kuat. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan LKS terintegrasi noise pollution dalam pembelajaran Polya problem solving merupakan alternatif yang baik untuk meningkatkan kompetensi fisika peserta didik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKS; Noise Pollution; Kompetensi Fisika; Polya Problem Solving; Gelombang; Bunyi; |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:36 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 02:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16940 |