Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Pemetaan Semantik bagi Siswa Kelas V SDN 31 Tanjung Aur Lubuk Begalung Padang

Juariah, Tutik (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Pemetaan Semantik bagi Siswa Kelas V SDN 31 Tanjung Aur Lubuk Begalung Padang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_TUTIK_JUARIAH_09612_3951_2012.pdf] Text
final_B1_6_TUTIK_JUARIAH_09612_3951_2012.pdf

Download (574kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman peneliti mengajar di kelas V SD N 31 Tanjung Aur, Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Dalam pembelajaran membaca, kemampuan siswa memahami sisi bacaan masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Siswa tida mampu emetakan kalimat dalam sebuah paragraf dengan baik, kurag mempunyai minat baca serta tidak mampu menemukan kalimat utama dengan benar dan belum bisa meringkas isi bacaan dengan baik. Untuk mengatasi permasalahan permasalahan tersebut penlis melakukaan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pemetaan semantik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan pemetaan semantik bagi siswa keals V SDN 31 Tanjung Aur Lubug Begalung.
Penelitian dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah penelitian tindakan kelas yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penilaian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, dan diskusi. Sumber data adalah proses pembelajaran Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai guru dan siswa kelas V SDN 31 Tanjung Aur.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah pada siklus I kualifikasi aktivitas siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan pemetaan semantik adalah cukup kemudian pada siklus II meningkat menjadi berkualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa Siklus I pada tahap prabaca 57.32, tahap saatbaca 68,70 dan pascabaca 67,70. Rata-rata hasilblajar siswa siklus I adalah 64,91. Pada siklus II hasil belajar siswa tahap parabaca adalah 78.20, tahap saatbaca 78,88 dan tahap pascabaca79,49. Dengan demikian terbukti bahwa dengan menggunakan pemetaan semantik dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 31 Tanjung Aur

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Pemetaan Semantik, Kelas V SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:35
Last Modified: 24 Jul 2025 02:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16937

Actions (login required)

View Item
View Item